Kamis, 31 Oktober 2013

Pentingkah Bahasa Indonesia dipelajari di Perguruan Tinggi?


BAHASA INDONESIA
Disusun Oleh :
Nama            : Mariadi
NIM             : 13250048
Kelas            : PBI 02

Pentingkah Bahasa Indonesia dipelajari di Perguruan Tinggi?
Bahasa Indonesia, tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Bahasa Indonesia. Bahasa yang merupakan Bahasa Utama atau Bahasa Nasional negara Indonesia. Bahasa yang sering kita pelajari sehari-hari mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), bahkan sampai ke Perguruan Tinggi.
Bahasa Indonesia memang penting dipelajari di Sekolah-sekolahan baik itu SD, SMP, dan SMA, karena dalam suatu Sekolah, Bahasa Indonesia wajib dipelajari serta diperdalami tata cara, makna, dan bahasanya. Namun pentingkah Bahasa Indonesia dipelajari di Perguruan Tinggi?. Hal inilah yang selalu dipertanyakan oleh para Mahasiswa di Perguruan Tinggi.
Jawaban dari pertanyaan di atas adalah sangatlah penting, bahkan tidak hanya di Perguruan Tinggi tapi di seluruh lembaga pendidikan dan seluruh warga Negara Indonesia wajib dan perlu mempelajarinya. Mengapa? Mengingat kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional (Sumpah pemuda 28 Oktober 1928) dan Bahasa Negara ( UUD, 18 Agustus 1945). 
Alasan lain pentingnya Bahasa Indonesia dipelajari di Perguruan Tinggi, karena di Perguruan Tinggi kita akan sering membuat karya ilmiah, misalnya saja laporan praktikum, skripsi, tesis dan karya tulis lainnya. Dalam pembuatan karya ilmiah seorang penulis akan dihadapkan pada masalah-masalah yang renik. Misalnya masalah ketepatan ejaan : kualitas bukan kwalitas.
Sebagaimana telah diketahui, karya ilmiah berhubungan terutama dengan bahasa tulis, dan merupakan hasil olah pikir yang memerlukan kecerdasan dan kecermatan. Kecerdasan dan kecermatan berpikir itu hendaknya juga tercermin dalam pemakaian bahasanya. Dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia, sikap dan perilaku cerdas, cermat, teliti diharapkan tertanam dalam diri para mahasiswa. Perilaku cerdas, cermat dan teliti merupakan salah satu cerminan pribadi manusia profesional yang sangat dibutuhkan dalam era globalisasi dewasa ini.
            Jadi, kesimpulan dari uraian di atas adalah, Mempelajari Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi sangatlah penting, karena Bahasa Indonesia adalah identitas diri bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa ini, kita dituntut untuk bertanggung jawab, mempertahankan dan menggunakan Bahasa Indonesia karena itu merupakan jati diri bangsa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar